Bulan Safar dan Peristiwa Pentingnya

Ilustrasi Berdoa Ketika Di Bulan Shafar. (Foto: google.com)

NUKITA.ID, MALANG – Setiap bulan Qamariyyah memiliki peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Entah terjadi masa Rasululah, empat khalifah pasca-beliau, maupun setelahnya.

Sebagai umat Islam kita harus mengetahui peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi. Hal ini perlu dilakukan agar supaya kita dapat mengambil pelajaran dari orang-orang terbaik sebelum kita.

Lalu peristiwa apa saja kah itu?, berikut adalah rangkuman Nukita.id terkait beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Safar.

1. Pernikahan Rasulullah dengan Khadijah

Pernikahan Rasulullah dengan Sayyidah Khadijah al-Kubra dilaksanakan di hari-hari bulan Safar, dan pernikahan itu berlangsung sebelum datang wahyu dari Allah (sebelum masa kenabian).

2. Rasulullah menikahkan Sayyidah Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib pada bulan Safar

3. Hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah juga terjadi di bulan Safar.

4. Perang Abwa.

Perang ini merupakan perang pertama Rasulullah SAW melawan kaum Musyrikin yang terjadi pada bulan Shafar tahun 2 H. Dalam perang tersebut kaum Muslimin berhadapan kaum Quraisy yang semula didukung oleh kabilah Dhamrah.

5. Penaklukan Khaibar pada tahun ke-7 Hijriah terjadi di bulan Safar.

Perang Khaibar adalah salah satu perang yang diikuti oleh Nabi Muhammad saw atau disebut juga "Ghazwah" pada tahun ke-7 H/628. Keberanian dan kegagahan Sayyidina Ali yang berhasil menaklukkan sebagian benteng Khaibar merupakan kunci penting dalam kemenangan yang dicapai kaum muslimin.

6. Rasulullah mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum tahun 11 Hijriah, itu terjadi beberapa hari pra-wafatnya Rasulullah.(*)

Comments