Maulid Nabi, PBNU Panjatkan Doa untuk Keselamatan Bangsa

Suasana Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw oleh Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU). (Foto: Istimewa)

NUKITA.ID, MALANG – Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) menyelenggarakan Maulid Akbar: Doa untuk Keselamatan Bangsa di Masjid Istiqlal Jakarta pada Kamis (29/10) yang bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1442 Hijriah. 

Diawali dengan pembacaan Maulid yang dipimpin Wakil Ketua LD PBNU KH Misbahul Munir Kholil, acara ini berlangsung sangat khidmat karena didasari atas kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw.

Hal tersebut senada dengan ungkapan Ketua LD PBNU KH Agus Salim dalam sambutannya yang mengungkapkan bahwa warga NU sudah pasti mencintai Nabi Muhammad. Kemudian menurutnya, cinta kepada Nabi terdapat dua hal. Cinta buta dan cinta sejati. 

“Kalau cinta buta, tidak memerlukan dasar dan alasan apa pun. Pokoknya cinta, sudah. Tapi kalau cinta sejati adalah cinta bil ilm atau dengan ilmu. Artinya, cinta yang didasari oleh pemahaman tentang sebab mengapa kita harus mencintai dan kenapa beliau harus dicintai,” ungkap Abi Agus, demikian sapaan akrab KH Agus Salim.

Ia lantas mengemukakan sebuah hadits yang berbunyi ‘Kullu sababin wa nasabin, munqothi yaumal qiyamah illa sababi wa nasabi’. 

“Bahwa yang namanya sebab dan nasab itu akan terputus pada hari kiamat, kecuali sebabku dan nasabku,” jelasnya. 

Oleh karena itu, ia berharap dengan diselenggarakannya Maulid Akbar ini akan menambah kecintaan warga NU kepada Nabi. Dengan demikian, ia juga mengajak hadirin untuk memohon kepada Allah, agar washilah (perantara) kecintaan terhadap Nabi Muhammad, Covid-19 segera diangkat dari muka bumi.

“Mudah-mudahan Allah segera angkat penyakit korona ini sehingga kita tetap bisa semakin semangat untuk mengabdi kepada NU,” katanya.(*)

Comments