KKN-T Unira Malang Bantu Pendataan BST Desa Kranggan

Para Mahasiswa KKN-T Unira Malang Saat Membantu Pendataan BST Kepada Masyarakat di Balai Desa Kranggan. (Foto: Nukita.id)

NUKITA.ID, MALANG – Mahasiswa KKN-T  Unira Malang turut andil dalam pembagian Bantuan Langsung Tunai  (BST) di Desa Kranggan, Kecamatan Ngajum. 

Pembagian bantuan ini dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu sosialisasi, Rabu (03/02), di Balai Desa Kranggan. Dihadiri Kepala Desa Kranggan M.Yasin, serta sejumlah perangkat desa lainnya. 

Dalam sosialisasi tersebut, bedah data SIK_NG TKSK Ngajum disampaikan oleh bapak Handoko. Lalu mekanisme bedah rumah disampaikan oleh Sekretaris Desa Adin Pangayom. Berikutnya, Zubairi membahas konsolidasi bedah data keluarga prasejahtera Desa Kranggan.

Tahap berikutnya yaitu pembagian bantuan BST itu sendiri, Minggu (07/02). Kegiatan ini dilaksanakan oleh perangkat desa dan dibantu KKN-T UNIRA MALANG.  BST yang diberikan merupakan BST tahap ke-11 dengan jumlah uang tuna sebesar Rp 300.000,00.

Menurut, Zubairi Pendataan dilakukan dilakukan untuk mengetahui langsung kondisi rumah  warga di karenakan data sebelumnya kurang memenuhi syarat.

"Jadi kemarin banyak data yang tidak memenuhi sarat, olah karena itu ini dilakukan pendataan ulang. Harapannya nanti data yang kita dapatkan akurat dan memenuhi syarat," paparnya.

Selain mambantu pembagian bantuan, KKN-T Unira juga mengikuti kegiatan pembaharuan data bantuan yang bertempat di Dsn. Sumber Beji Desa Kranggan, Kec.  Ngajum, Minggu (14/02).

"Dalam pendataan sebelumnya warga yang mendapat bantuan tersebut ada yang tidak cair," kata Ngatimin kepada tim sensus KKN-T.

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan breafing dan dilanjutkan dengan pelaksanaan pendataan ke lokasi yang sudah ditentukan. (*)

Comments