Berantas Hoaks, NU-Polres Malang Ngaji Media Sosial

berita terbaru nu kita
Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, M.SI, saat berpidato dalam acara "Ngaji Media Sosial, di Aula SMP/SMK NU, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Minggu (18/3/2018) malam. (Foto: Nukita.id)
Senin, 19 Maret 2018 - 00:36 WIB | Dilihat: 11.53k

NUKITA.ID, MALANG – Polres Malang dan Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Bululawang, Kabupaten Malang, berkerjasama ngaji media sosial untuk memberantas berita-berita hoaks dan Narkoba di Kabupaten Malang.

Ngaji media sosial itu bertema "Pendidikan Penggunaan Media Sosial dan Penanggulangan Kenakalan Anak Serta Bahaya Narkoba Dikalangan Remaja". Acara digelar di Aula SMP/SMK NU, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Minggu (18/3/2018) malam.

Pemateri pertama, Ketua LTN NU Kabupaten Malang, Yatimul Ainun menjelasakan, dalam membantu memberantas konten negatif atau berita hoaks yang semakin tidak ada filternya di Kabupaten Malang, PCNU khususnya LTN NU kabupaten Malang telah melakukan satu langkah dengan melakukan edukasi atau literasi media dan cerdas bermedia sosial.

"Programnya, Tadarus Media Sosial di Era Milenial. Mari kita share berita yang jelas sumber informasinya," jelas pria yang karib disapa Ainun itu.

Dalam kesempatan yang sama, menurut Pimpinan Redaksi media oline PCNU Kabupaten Malang, Nukita.id, Zulham Ahmad Mubarak menerangkan, bahwa berdasarkan data fenomena berita hoaks baru-baru ini penyebarnya tidak lain tidak bukan adalah pemuda-pemuda NU sendiri, karena ketidak tahuan.

"Mereka yang menjadi korban penyebaran berita hoaks. Itu disebabkan kurangnya refrensi media baca bagi pemuda NU. Makanya Nukita.id ini hadir dan bekerjasama dengan dengan Polres Malang, Kedepan kalau ada informasi agar selalu di chek kebenaranya," ungkap Zulham.

Dalam acara pamungkas Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, M.SI, menerangakan dalam menanggulangi fenomena negatif medsos ini Polri melakukan 2 strategi yaitu preentif/preventif dan represif serta penegakan hukum. 

Polri gencar melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder, salah satunya dengan bentuk cyber troops NU-Polres Malang.

"Lawan hoaks dengan cara selalu berpikir skeptis (meragukan sesuatu) dan jangan mudah percaya suatu berita, baca teliti dan chek serta richek, analisa, komunikasi dan tabayun," terangnya.

YS Ujung menambahkan bahwa Polres Malang berusaha dalam kanca literasi media memberikan imbauan kepada masyarakat "untuk lebih bijak dalam bermedia sosial," pungkasnya.

Selanjutnya, acara Ngaji Media Sosial ditutup dengan Deklarasi bersama Anti Hoaks. 

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pejabat utama Polres Malang, Kapolsek Bululawang Kompol H Supari beserta anggota, Kapolsek Rayon Bululawang, Muspika Kecamatan Bululawang.

Nampak hadir Ketua MWC NU Bululawang, H Ahmad, Rais Suryiah MWCNU Bululawang, KH Syamsul Ma'arif, Sekretaris MCW NU Bululawang, H Hasan Bashori dan pengurus lainnya serta kiai NU setempat.(*)


Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Tags : , , , , , , , , ,

Comments: