Apel Hari Santri, Forpimda Turun Full Team

berita terbaru nu kita
Foto : nukita.id
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 09:37 WIB | Dilihat: 9.25k

NUKITA.ID, MALANGPuncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Malang akan berjalan dengan gegap gempita. Itu setelah jajaran Forum Pemimpin Daerah (Forpimda) memastikan turun full team dan berbagi tugas dalam rangka apel HSN 2017 yang akan dilangsungkan di Lapangan Jalan Tumapel, Singosari pada MInggu (22/10/2017) besok.

 
Lebih dari 10 ribu santri akan mengikuti apel dalam rangka HSN 2017 dengan mengenakan sarung. Pada apel tersebut Bupati Malang Dr H Rendra Kresna akan bertugas sebagai Inspektur upacara. Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menerima kehormatan untuk membacakan ikrar santri. Tak ketinggalan, Komandan Kodim 0818 Letkol Arm Muridan bertugas untuk membacakan naskah resolusi jihad. 
 
Rencananya, hadir pula jajaran pimpinan DPRD Kabupaten Malang dan anggotanya. Ada juga para Kepala SKPD, ketua-ketua ormas dan organisasi kepemudaan se Kabupaten Malang.
 
’’Target panitia, apel santri ini dapat menjadi momentum silaturahmi antara para pemangku pemerintahan, ulama dan santri sehingga tercipta saling pengertian dan kolaborasi positif,’’ kata Ketua PCNU, dr H Umar Usman kepada NUkita.id.
 
Ketua Panitia HSN 2017, Yusuf Azwar Anas menambahkan, seluruh rangkaian HSN 2017 yang dihelat oleh PCNU Kabupaten Malang akan dipuncaki pada apel santri. Apel akan diawali dengan serah terima Panji NU dari tim kirab yang dipimpin oleh KH Imron Rosyadi Syarif dan dikawal oleh jajaran Satkorcab Banser Kabupaten Malang.
 
Panji NU itu telah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 220 kilometer melintasi Kabupaten Malang selama 3 hari 3 malam. Kirab sekaligus jelajah pesantren itu start dari Kecamatan Donomulyo dan finis di Kecamatan Singosari melintasi kurang lebih 30 Kecamatan. Panji kebesaran NU itu dikirabkan pada titik-titik bersejarah untuk di doakan oleh puluhan pengasuh pesantren, kiai sepuh dan tokoh-tokoh NU di sepanjang perjalanan melintasi Bumi Arema.
 
’’Nantinya tim kirab akan melakukan serah terima untuk mengawali seremonial apel,’’ ujar Yusuf.
 
Selain apel, juga akan dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PCNU Kabupaten Malang dengan Polres Malang dalam rangka pemeliharaan keamanan siber, anti ujaran kebencian dan tangkal paham radikalisme. Perjanjian itu akan ditandatangani oleh Ketua PCNU dr H Umar Usman bersama dengan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung. (Baca: PCNU-Polres Malang Bentuk Pasukan Siber)
 
’’Lalu juga akan dilengkapi dengan deklarasi pesantren anti narkoba sebagai bentuk komitmen pesantren untuk ikut andil mencetak dai dan juru kampanye anti narkoba yang siap turun ke masyarakat,’’ ujar Yusuf.
 
Di tempat yang sama juga akan dilakukan launching Shalawat Wathaniyah oleh Pengagas Hari Santri Nasional, Gus Thoriq bin Ziyad, launching Pesantren Kader NU, dan Pembagian Pohon Zaitun ke perwakilan pesantren se Malang Raya. (*)

Pewarta : Dena Setya Utama
Editor : Zulham A Mubarrok
Tags : , , , , , ,

Comments: